Kami senang untuk dapat terhubung denganmu
Kamu dapat meninggalkan pesan melalui

Di tengah mewabahnya Covid-19, membuat kita sadar akan berharganya kesehatan. Betapa pentingnya imun tubuh, serta kebersihan diri dan lingkungan. Banyak orang yang tumbuh menjadi individualis demi menjaga diri dari penularan. Namun, bukan berarti kita hanya mementingkan diri kita sendiri.

Banyak orang di luar sana dalam kesulitan yang luar biasa, apalagi para pasien terjangkit Covid-19. Ganasnya varian baru membuat banyak orang panik dan ketakutan, sehingga ketika salah seorang anggota keluarga terjangkit, mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan sebagai pertolongan pertama.

Namun, dari situasi pandemi Covid-19 yang kian memburuk beberapa waktu lalu di Indonesia, kita juga bisa melihat bagaimana solidaritas sesama warga tumbuh dan menguat. Dari situ lahir banyak sekali inisiatif-inisiatif warga untuk saling menolong warga lainnya.

Platform wargabantuwarga.com

Kumpulan relawan dari Warga Bantu Warga bersedia membantu masyarakat dan pasien terjangkit melalui informasi seputar Covid-19. Gerakan ini merupakan inisiatif dari relawan perorangan yang bekerjasama dengan lembaga dan komunitas, seperti KitaBisa, KawalCovid, Narasi TV, Forum Zakat, Indorelawan, Pemimpin.id, PandemicTalks, LawanCovid, dan masih banyak lagi.

Gerakan ini hadir dalam bentuk website yang bisa diakses oleh masyarakat dimanapun mereka berada. Website ini menyuguhkan berbagai informasi seputar Covid-19, mulai dari kontak penting terkait Covid-19, kontak fasilitas dan alat kesehatan di setiap provinsi, informasi mengenai isolasi mandiri, edukasi Covid-19, hingga donasi untuk pasien terjangkit.

Selain informasi dasar mengenai fasilitas kesehatan dan edukasi Covid-19, situs ini juga menyediakan informasi terkait ketersedian oksigen dan obat, vaksin, serta donor plasma. Semua informasi ini dicantumkan beserta dengan kontak yang dapat dihubungi. Bahkan, Warga Bantu Warga juga menyediakan bantuan bagi pasien yang dikonfirmasi positif Covid-19.

Solidaritas Pangan Jogja

Solidaritas Pangan Jogja awalnya hadir karena atas inisiasi beberapa aktor yang resah dengan kondisi Covid-19 yang menyebabkan pemasukan para pekerja informal menjadi berkurang. Dari sini, ada inisiatif untuk memasak dan membagikan makanan pada para pekerja informal tadi. Ide ini kemudian digodok dan disebarkan ke jaringan untuk menambah ide sampai terealisasi pada tanggal 26 Maret 2020 dimana diakan dapur umum darurat yang tersebar di beberapa titik.

Pada perkembangannya relawan dari jaringan dan Social Movement Institute (SMI) kemudian membuat grup WhatsApp dan mulai mengembangkan gerakan ini. Sebelumnya, mereka hanya memasak sendiri, namun kemudian berkembang dengan membeli nasi bungkus pada para pedagang untuk membantu usaha mereka. Solidaritas Pangan Jogja juga mulai membuka donasi kepada para donatur untuk terus mendukung keberlanjutan dapur umum ini. Ada setidaknya 11 dapur umum yang dikelola oleh Solidaritas Pangan Jogja. Inisiatif serupa pun muncul di daerah-daerah lain bahkan di luar Jogjakarta.

Platform Kawal Masa Depan

Kawal Masa Depan terbilang adalah gerakan yang baru, diinisiasi oleh Kalis Mardiasih, aktivis muda Nahdlatul Ulama (NU); Alfatih Timur, pendiri kitabisa.com; Faiz Ghifari, inisiator warga bantu warga; dan Ainun Najib, inisiator kawal Covid-19. Inisiatif ini hadir melihat kondisi Indonesia dimana akibat pandemi Covid-19 banyak orang tua yang meninggal dan menjadikan anak mereka menjadi yatim, piatu atau yatim piatu. Kementerian Sosial Indonesia memperkirakan ada 11.045 yang kehilangan satu atau kedua orang tuanya akibat pandemi (abc.net.au).

Besarnya jumlah anak yang kehilangan orang tuanya dikhawatirkan akan membuat anak-anak putus sekolah karena harus menjadi tulang punggung keluarga. Mereka juga rentan terjerumus dalam pernikahan anak untuk menafkahi diri atau pun adik-adik mereka.

Platform Kawal Masa Depan hadir untuk memberikan bantuan kepada anak-anak yang kehilangan orang tuanya akibat pandemi. Anak-anak bisa mendaftarkan diri kepada platform ini, lalu kemudian tim Kawal Masa Depan akan melakukan verivikasi. Anak-anak kemudian akan mendapatkan bantuan agar bisa tetap sekolah atau bahkan dicarikan orang tua asuh. Bantuan ini didapatkan dari penggalangan dana yang dilakukan oleh platform Kawal Masa Depan.

Ketiga inisiatif tersebut adalah contoh gerakan yang lahir dari masyarakat untuk membantu masyarakat lainnya. Dari sini kita juga bisa melihat warga bantu warga atau rakyat bantu rakyat yang sesungguhnya. Kamu pun mungkin memiliki inisiatif untuk membantu warga sekitarmu atau kamu bisa juga ikut bergabung dengan inisiatif yang ada dengan mendonasikan sedikit uang sakumu atau memberitahukan inisiatif yang sudah ada untuk membantu orang sekitarmu yang membutuhkan.

Penulis: Annisa dan Rizki Febriani

Sumber Gambar: Freepik

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *