Kami senang untuk dapat terhubung denganmu
Kamu dapat meninggalkan pesan melalui

Beberapa waktu lalu, Koalisi Ibu Kota menuntut pemerintah atas polusi udara yang memburuk di Jakarta. Gugatan ini sudah dikabulkan oleh PN Jakarta Pusat. Lima pejabat divonis bersalah atas pencemaran udara di ibu kota, yakni Presiden RI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, dan Gubernur DKI Jakarta.

Ini sudah kedua kalinya pemerintah dituntut oleh masyarakat atas kerusakan lingkungan di Indonesia. Kasus pertama terjadi di Kalimantan Barat ketika hutan besar dilahap si jago merah. Lalu kasus kedua adalah polusi udara di Jakarta.

Dilansir melalui detiknews, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim telah menangani kasus pencemaran udara di ibu kota sebelum gugatan masuk ke persidangan. Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta adalah peremajaan angkutan umum melalui program Jak Lingko. Selain itu, Anies juga memaparkan upaya lainnya yang saat ini sedang dijalankan. Namun upaya ini masih membutuhkan waktu untuk mengurangi pencemaran udara di ibu kota.

Perlu kita sadari bahwa upaya pemerintah saja tidak cukup untuk menangani kasus sebesar polusi udara. Sebagai masyarakat yang baik, kita juga bisa ikut berkontribusi dalam mengatasi polusi udara yang memburuk di Jakarta.

Beberapa langkah sederhana ini bisa kita terapkan dalam keseharian kita untuk mengurangi polusi udara:

  • Beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum

Kita sepakat bahwa populasi di Jakarta sangat padat, tidak sedikit pula masyarakat ibu kota yang memiliki kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil. Hal ini bisa dibuktikan dengan padatnya lalu lintas di Jakarta, terutama ketika jam sibuk. Asap dari kendaraan bermotor menjadi penyebab utama polusi udara. Dengan beralih ke transportasi umum, populasi kendaraan bermotor di jalanan akan berkurang dan diikuti dengan tingkat polusi udara.

  • Bersepeda dan berjalan kaki

Ketika hendak berpergian dalam jarak dekat, usahakan untuk berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Tidak jarang kita melihat beberapa orang menggunakan motor hanya untuk pergi ke warung. Hal ini bisa diminimalisasi dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki saja. Selain hemat, kegiatan bersepeda dan berjalan kaki juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

  • Tidak membakar sampah

Hingga saat ini, masih ada orang yang membakar sampah untuk mengurangi timbunan sampah. Padahal, asap dari pembakaran sampah ini dapat mencemari udara. Apalagi, pembakaran sampah membutuhkan waktu cukup lama hingga menjadi abu. Selain itu, asap dari pembakaran sampah mengandung zat-zat beracun yang berbahaya bagi kesehatan. Tentunya akan sangat baik jika sampah-sampah tersebut bisa disalurkan ke tempat daur ulang agar bisa dimanfaatkan kembali.

  • Menghentikan kebiasaan merokok

Meski asap rokok terkesan sedikit, namun ini sama berbahayanya dengan asap kendaraan bermotor. Selain mencemari udara, asap rokok juga mengandung zat-zat beracun yang juga bisa membahayakan orang-orang di sekitar. Tidak jarang kita mendengar kasus perokok pasif yang berakhir mengidap penyakit serius karena hidup di sekitar perokok aktif.

  • Membatasi pemakaian listrik

Sebagian besar tenaga listrik di Indonesia masih diperoleh dari pembangkit listrik bertenaga minyak atau batu bara yang menimbulkan polusi udara. Untuk mengurangi polusi dari emisi tenaga listrik, kita bisa membatasi pemakain listrik di rumah. Hal paling sederhana yang dapat dilakukan adalah mematikan lampu di siang hari dan mematikan alat elektronik yang sedang tidak dipakai. Selain menghemat sumber daya listrik, mengurangi pemakaian tenaga listrik juga secara tidak langsung membantu mengurangi polusi udara.

  • Memelihara tanaman

Menanam tanaman di rumah merupakan salah satu upaya dalam mengurangi polusi udara. Tanaman membantu menarik karbon dioksida dan memproduksi oksigen sehingga udara menjadi segar. Semakin banyak rumah yang memelihara tanaman, penurunan polusi udara juga akan semakin terasa. Selain mempercantik rumah, udara di rumah pun terasa bersih.

Meski hal kecil, kita bisa kok turut berkontribusi untuk mengurangi polusi udara. Sehingga tidak hanya menuntut pemerintah, tapi kita pun melakukan langkah sederhana untuk menciptakan udara bersih.

Selain poin-poin di atas, adakah hal lain yang Kamu lakukan untuk mengurangi polusi udara?

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *