Kami senang untuk dapat terhubung denganmu
Kamu dapat meninggalkan pesan melalui

“I am not Led, I Lead” Memotivasi Diri di Masa Krisis melalui Webinar Plain Feminism

Pada hari Sabtu, 27 Maret 2021 Plain Feminism menyelenggarakan webinar perdana yang mengangkat tema tentang Perempuan Memimpin Diri Sendiri. Tema ini terinspirasi dari tema kampanye Hari Perempuan Internasional 2021, yaitu “Women in leadership: Achieving an equal future in a COVID-19 world”. Dengan judul, Non Ducor Duco: When Woman Leads (Herself) in Times of Crisis, Does She Survive or Thrive? webinar ini ditunjukkan secara umum untuk perempuan muda yang sedang memulai karier, ingin melanjutkan studi, dan sulit menjaga kesehatan mental di tengah pandemi.

Plain Feminism mengundang tiga pembicara yang memiliki tiga latar belakang yang berbeda sesuai bidang mereka masing-masing, yaitu Askarina Bintari seorang LSE Graduate dan Pendiri @aska.talks serta Youtuber, Ranita Amanda seorang Head of Talent Acquisition, dan Mega Onggo seorang Psikolog dan Mental Health Content Creator. Selama dua jam, sekitar 120 lebih peserta webinar mengikuti tiga sesi materi yang membahas pendidikan tinggi, karier, dan kesehatan mental. Saat sesi tanya jawab, peserta sangat antusias memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada pembicara. Kemudian, Plain Feminism mengadakan kuis interaktif melalui Quizizz dimana pertanyaan kuis tersebut adalah rangkuman dari semua materi yang dikupas selama webinar. 

Webinar ditutup oleh moderator dan dilanjutkan dengan sesi diskusi informal selama 30 menit untuk mengulas pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab saat sesi tanya jawab. Satu pertanyaan penutup semua rangkaian sesi dari peserta adalah bagaimana menghadapi dan menyikapi stigma bahwa perempuan tidak perlu sekolah terlalu tinggi, tidak bekerja di luar, dan lebih baik di rumah saja mengurus anak. Ketiga pembicara menyahut dengan memberikan pesan untuk mencari lingkaran pertemanan yang baru dengan bergabung dengan komunitas yang satu visi dengan kita, melakukan pendekatan diskusi secara terbuka, dan memiliki grit dan resilience karena stigma akan selalu ada untuk mengalahkan diri kita ketika kita ingin mencapai sesuatu.

Plain Feminism mengucapkan terima kasih kepada pembicara dan peserta yang sudah berpartisipasi. Tidak lupa juga, kami menyampaikan apresiasi kepada jajaran media partner dan organisasi-organiasasi pendukung yang sudah membantu menyukseskan webinar pertama Plain Feminism. Seperti arti dari judul webinar, Non Ducor Duco (Latin: I am not Led, I Lead) kami berharap dengan diadakannya webinar yang mendiskusikan tiga isu yang sedang dekat dengan diri kita selama pandemi ini, setiap perempuan termotivasi dan menemukan caranya masing-masing untuk memimpin dirinya sendiri di masa-masa krisis ini agar tetap survive dan thrive. 

Di akhir, Plain Feminism membagikan hadiah saldo e-money dengan total Rp50.000 bagi dua peserta webinar yang aktif dalam dua kategori: Best Participant dan Best Recap Story. Selamat dan sampai jumpa di acara Plain Feminism berikutnya!

Unduh materi presentasi, notulensi, dan sertifikat di sini:

Share:

2 Comments

  • Mergita Eka Nuryuana, March 24, 2021 @ 2:34 am Reply

    Mantappp

  • Hening Puspa Manunggal, March 24, 2021 @ 11:10 am Reply

    Daftar webinar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *